Sedikit Sejarah Sepatu DR MARTENS

sepatu_martens

Awal sejarah Dr Martens berasal bukan murni dari (UK) England. tetapi oleh seseorang doctor yang berkebangsaan german pada perang dunia ke-2. Orang itu bernama Dr Klaus Marten beliau lah orang yang pertama kalinya membuat system kerja sepatu Dr Martens. Kenapa system kerja? Karena keunikan sepatu Dr Martens yaitu sole empuk yang tidak di miliki sepatu boot yang lain. Dr Klaus Marten yaitu seseorang Doctor soldier (tentara) german pada perang dunia ke-2, pada th. 1945 beliau alami cidera pada kaki. Lalu beliau memodifikasi sepatu boot kepunyaannya dengan susunan kulit, dan bantalan udara yang empuk. Sesudah perang selesai, dengan bekal pengalaman ini sang doctor coba mengawali jual ide inovasinya. Beliau mengawali menggerakkan satu usaha kecil-kecilan di rumahan dengan pertolongan rekan lamanya ketika beliau kuliah, bersamaan perubahan saat sepatu buatan Dr Klaus Marten pada akhirnya di beli oleh satu perusahaan di england.

sepatu_marten

Nama perusahaan england itu yaitu Griggs Grup, perusahaan itu membeli license sepatu buatan Dr Klaus untuk dipasarkan di england sekitaran th. 1960-an. Perusahaan ini alami perbaikan dari design dengan membuat ciri khas dari jahitan sole dengan benang berwarna kuning dan berikan label dengan nama “AIRWAIR” lantas mulai lah perusahaan itu menghasilkan sepatu boot ini. Disinilah titik utama dalam sejarah sepatu sang doctor; Boot classic Docmart-1490 untuk pertama kalinya mencapai market sepatu di kota ILondon England/I, dan dari sini lah sejarah sepatu ini diawali sebelumnya kuasai market dunia, atau sering di sebut Dr. Martens Invation.

Boot yang di produksi berwarna merah cherry yang designnya nyaman dan praktis ini tenyata disenangi oleh kelompok working class atau kelas pekerja walaupun belum termasuk golongan Safety Shoes atau sepatu keselamatan yang dilindungi toe cap baja untuk perlindungan, class pekerja ketika itu didominasi oleh skinhead. Bisa disimpulkan juga kalau kelompok skinhead lah yang pertama kalinya memakai spatu Dr. martens. Sangat banyak buruh pabrik, tukang pos, bahkan juga petugas polisi menggunakannya saat bertugas. Image sebagai sepatu punya common-people juga terbentuk dengan cara alami. Dan kelihatannya, image tersebut yang lalu merebut perhatian anak muda dari kelompok sub-kultur punk. Pada akhir th. 60-an, sepatu sang dokter ini banyak dipakai oleh komune SKINHEAD England dan genk motor. Beberapa Skinhead juga ketika itu sampai saat ini mempunyai kebiasan, yaitu menyemir boot yang mereka punya. Tetapi ketika itu Skinhead mempunyai Kreatifitas yang membekas sampai saat ini yaitu menyemir boot merah Docmart dengan semir warna hitam hingga warnanya jadi merah gelap dan mengkilap, hingga mengubah warna merah itu beralih jadi warna merah maroon.

Lalu pada th. 1970-an sepatu Dr. martens semakin popular dan populer karena banyak artis Punk Rock, Ska, Psychobillies, Goths, Industrialis, hardcore, straight-edge, Glam, bahkan juga New Wave yang menggunakan sepatu Dr. martens. Karena musisi-musisi saat itu sangat banyak yang memakai Dr. martens hal semacam ini menyebabkan long-march yang dikerjakan Docmart dari kota London menebar ke semua dataran england danEropa, lalu ke seluruh penjuru dunia.

Puncaknya di th. 1900-an, sepatu Docmart berkembang jadi tren yang menjangkiti kebanyakan orang, tidak hanya sub-kultur Punk saja. Ia jadi industri besar. Hal semacam ini sedikit membuat sebagian kelompok kecewa misalnya, beberapa komune Skinhead sejati yang sama dengan spirit anti kemapanan dan anti kapitalisme mulai mempertanyakan brand sang dokter. Beberapa dari mereka mulai berpindah ke merk kompetitor Docmart, seperti Grinder, Ranger, Gripfast dan lain sebagainya. Namun boot sang dokter terlanjur membuat sisa jejak solnya didalam dunia. Docmart yaitu sepatu yang jadi legenda didunia fashion anak muda di penjuru dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s