Tips Merawat Sepatu Safety Agar Selalu Kuat dan Tahan Lama

memilih sepatu safety agar tetap awet

Kadang-kadang kita cukup kesulitan untuk membersihkan sepatu safety kita setelah di gunakan di lapangan sehari-hari. apa lagi jika medan kerja yang kita lakukan adalah edan yang basah. banyak orang mengeluhkan tentang ribetnya merawat sepatu safety ini. Namun kali ini kami akan sedikit berbagi bagaimana cara merawat sepatu safety agar tetap awet dan kuat seta tahan lama tentunya. Bekitu adalah beberapa tipsnya :

  1. Bersihkan dengan segera sepatu safety yang sudah digunakan baik dengan mengelap atau menyemirnya, hal ini khusus untuk sepatu yang berbahan kulit agar tak cepat terlihat usang nantinya. Khusus untuk sepatu yang berbahan suede anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat khusus yang halus dan lembut.
  2. Bersihkan sisi bawah sole sepatu dari kotoran yang melekat sebab bahan sole karet ini termasuk bahan sensitif yang bila tak rajin dibersihkan akan mudah rusak dan hancur.
  3. Biasakan setiap selesai memakai sepatu safety ini, sebaiknya diangin anginkan atau dijemur di bawah sinar matahari agar sepatu anda terbebas dari yang namanya jamur. Jamur yang berkembang biak di dalam sepatu selain dapat menyebabkan bau yg tidak enak juga tak bagus untuk kaki anda.
  4. Bila sepatu safety tak digunakan dalam periode waktu yang lama baiknya dibersihkan dan disimpan di dalam ruangan hampa, misalnya dibungkus plastik bening dan mengeluarkan udara/oksigen didalamnya. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk melindungi karet sepatu tetap lunak dan tidak mengeras.
  5. Anda dapat memakai odol atau pasta gigi untuk memoles sepatu safety yang berwarna putih. Hal ini mempunyai tujuan agar sepatu tidak pecah pecah dan pastinya akan tambah lebih awet.
  6. Pastikan anda memakai sepatu saat kaki dalam kondisi basah, sebab kaki yang basah bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam sepatu itu yang dikemudian hari bisa mengakibatkan bau tidak sedap.
  7. Bila kalian termasuk orang yang mudah berkeringat jadi sebaiknya anda oleskan bedak tabur pada kaki, baru kemudian menggunakan kaus kaki dan kemudian sepatu. Hal semacam ini mempunyai tujuan sama dengan point di atas yaitu agar sepatu tidak bau.
  8. Anda dapat membeli penyemprot khusus untuk sepatu yang memiliki fungsi untuk menjaga aroma sepatu jadi fresh dan tak bau lagi. Di beberapa toko seperti indomaret juga telah banyak menjual pengharum sepatu seperti ini.
  9. Bila ada bagian sepatu yang telah mulai mengalami kerusakan, misalnya sole sepatu yang lepas anda dapat mengakalinya dengan memberi cairan lem super agar merekat kembali. Bila tak bisa maka sebaiknya anda membawanya pada ahlinya yaitu tukang sol sepatu untuk dilakukan perbaikan.
  10. Karet sole sepatu juga ternyata mempunyai kadaluarsa pada 1 sampai 2tahun sehingga andapun juga butuh melakukan pergantian sepatu baru bila sepatu anda ternyata telah melebihi umur 2 tahun.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s