DAFTAR PABRIK MOBILDI INDONESIA

Pabrik mobil dunia saat ini sebagian salah satunya telah berdiri di Indonesia. Beberapa besar memanglah pabrikan asal Jepang yang telah melegenda. Mereka sudah pasti tanpa ada argumen ingin bangun pabrik perakitan di Indonesia, bila tak ada suatu hal yang untungkan. Nyatanya memanglah benar, beberapa pabrikan mobil itu melihat Indonesia sebagai satu diantara negara berkembang yang mempunyai tingkat perkembangan masyarakat tinggi.

Dengan kata lain, Indonesia mempunyai jumlah masyarakat yang cukup banyak. Ditambah tipikal negara berkembang, umumnya orang-orang mempunyai kecenderungan berbentuk konsumerisme, yakni senantiasa menginginkan beli beberapa barang sekunder ataupun tersier. Mobil dapat dikelompokkan sebagai barang sekunder. Tetapi untuk sebagian orang, mobil telah dimisalkan keperluan primer yang perlu dipenuhi. Keadaan seperti berikut yang mendorong sebagian pabrikan mobil dunia ikhlas membangun pabrik perakitan di Indonesia. Lantas, pabrik mobil dunia apa sajakah yang sudah berdiri di Indonesia sekarang ini? Tersebut sedikit infonya untuk Kamu sekalian simak.

Toyota Perusahaan yang menaungi pabrikan Toyota di Indonesia, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Beberapa besar varian mobil yang di pasarkan oleh pabrikan Toyota telah dirakit di Indonesia. Umpamanya, merk Yaris, Agya, Avanza, Veloz, Fortuner, serta Innova. Semuanya merk itu lahir di Indonesia lantaran pihak Toyota Indonesia sesuaikan dengan keadaan secara detail dari orang-orang Indonesia dengan mobil yang bakal di produksi. Jadi, harga nya juga lebih murah lantaran telah di produksi didalam negeri. Tidak sama bila masihlah di produksi di Jepang, sudah pasti bakal terserang pajak waktu masuk ke Indonesia yang bikin harga nya melambung tinggi.

Daihatsu Pabrik Astra Daihatsu Motor di Indonesia tempatnya ada di lokasi Sunter serta Karawang. Di pabrik itu, sebagian merk mobil asal Daihatsu sukses di produksi. Umpamanya, mobil Xenia, Terios, serta Gran Max. Dalam perakitannya, pihak Daihatsu tak dapat merekrut karyawan yang menginginkan dipekerjakan dengan cara asal-asalan. Mereka mesti lewat uji kelayakan, training, sampai pada akhirnya dapat bekerja untuk merakit mobil Daihatsu. Sumber daya manusia (SDM) yang berkwalitas seperti tersebut yang menanggung semua product pabrikan Daihatsu dapat juga berkompetisi dengan pabrikan yang lain.
Honda Honda adalah satu diantara pabrikan mobil paling besar didunia. Tidak cuma di lokasi Asia saja, namun telah merambah sampai market Eropa. Disamping itu, pabrik mobil dunia yang satu ini dapat telah berdiri di Indonesia. Tempat pabriknya di lokasi Karawang yang nyatanya mempunyai dua pabrik yang sama-sama berdekatan. Nyaris semuanya merk terbaru dari Honda telah dapat di produksi didalam negeri. Mungkin saja cuma mobil type sedan, seperti Civic yang masihlah dihadirkan utuh dari Jepang. Sesaat untuk varian yang lain, seperti Mobilio, HR-V, Brio, serta Freed telah dirakit di Indonesia. Begitu, harga yang di bandrol di Indonesia juga lebih terjangkau untuk Kamu sekalian yang menginginkannya.

Suzuki Suzuki jadi pabrikan mobil asal Jepang selanjutnya yang membangun pabrik di Indonesia. Bahkan juga tak tanggung-tanggung, mereka sudah mempunyai empat pabrik mobil di lokasi Cikarang. Hal semacam ini dapat jadikan bukti kalau market share industri mobil di Indonesia demikian mengagumkan. Akan tetapi, tak dapat disangkal kalau persaingan antar pabrikan yang telah mempunyai pabrikdi dalam negeri menajdi lebih sengit. Pada akhirnya, perang harga juga diawali. Dimana mobil yang di bandrol dengan harga lebih murah sekalian kwalitas yg tidak mengecewakan, dapat laku manis di Indonesia. Suzuki juga mengaplikasikan kiat sejenis itu. Sebagian varian mobil dari Suzuki, seperti Ertiga, Karimun Wagon R, serta Carry telah dirakit didalam negeri. pabrik-pabrik mobil ini kebanyakan menggunakan sepatu safety untuk keselamatan kerja mereka. pabrik sepatu safety juga ikut andil dalam hal ini.

Marcedes-Benz Marcedes-Benz jadi hanya satu pabrikan asal Eropa yang mempunyai pabrik perakitan mobil di Indonesia. Pabrikan asal Jerman ini telah sukses membangun pabriknya yang berlokasi di lokasi Wanaherang, Bogor. Walau telah popular dengan pabrikan mobil elegan, menawan, serta eksklusif, namun Marcedes-Benz melihat Indonesia sebagai market share yg tidak dapat diremehkan demikian saja. Buktinya, cukup beberapa orang Indonesia yang mempunyai mobil Marcedes-Benz dari type yang kuno sampai paling baru. Terdapat banyak varian dari Marcedes-Benz yang dirakit di Indonesia, seperti jenis C-Class. Umpamanya, C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive, serta C 250 AMG. Tersebut ke lima pabrik mobil dunia yang juga membangun di Indonesia, mudah-mudahan berguna serta dapat memberi info.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s