Pengertian dan Klasifikasi Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Tenaga Kerja| Tenaga kerja adalah masyarakat yang ada dalam umur kerja. Menurut UU No. 13 th. 2003 Bab I pasal 1 ayat 2 dijelaskan kalau tenaga kerja yaitu tiap-tiap orang yang dapat lakukan pekerjaan manfaat membuahkan barang serta atau layanan baik untuk penuhi keperluan sendiri ataupun untuk orang-orang. Pada dasarnya masyarakat satu negara dibedakan jadi dua grup, yakni tenaga kerja serta bukanlah tenaga kerja,

Sedang menurut DR Payaman Siamanjuntak dalam bukunya “Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia” tenaga kerja yaitu masyarakat yang telah atau tengah bekerja, yang tengah mencari pekerjaan, serta yang melakukan aktivitas lain seperti bersekolah serta mengurusi rumah tangga. Dengan cara praksis pengertian tenaga kerja serta bukanlah tenaga kerja menurutnya cuma dibedakan oleh batas usia.

Jadi yang disebut dengan tenaga kerja yakni individu yang tengah mencari atau telah lakukan pekerjaan yang membuahkan barang atau layanan yang telah penuhi kriteria maupun batasan umur yang sudah diputuskan oleh Undang-Undang yang mempunyai tujuan untuk peroleh hasil atau gaji untuk keperluan hidup keseharian.

Klasifikasi Tenaga Kerja
Klasifikasi tenaga kerja yaitu pengaturan bersistem atau berkelompok menurut standard yang di tetapkan. Jadi, klasifikasi tenaga kerja yaitu pengelompokan bakal ketenaga kerjaan yang telah tersusun berdasar pada persyaratan yang telah di tetapkan. Yakni :
Berdasar pada penduduknya
Tenaga kerja : Tenaga kerja yaitu semua jumlah masyarakat yang dikira bisa bekerja serta mampu bekerja bila tak ada keinginan kerja. Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja, mereka yang digolongkan sebagai tenaga kerja yakni mereka yang berumur pada 15 th. s/d 64 th.. referensi : jual sepatu safety murah di bekasi
Bukanlah tenaga kerja : Bukanlah tenaga kerja yaitu mereka yang dikira tak dapat serta tidak ingin bekerja, walau ada keinginan bekerja. Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja No. 13 Th. 2003, mereka yaitu masyarakat diluar umur, yakni mereka yang berumur dibawah 15 th. serta berumur diatas 64 th.. Contoh grup ini yaitu beberapa pensiunan, beberapa lanjut usia (lansia) serta anak-anak.
Berdasar pada batas kerja
Angkatan kerja : Angkatan kerja yaitu masyarakat umur produktif yang berumur 15-64 th. yang telah memiliki pekerjaan namun sesaat tak bekerja, ataupun yang tengah aktif mencari pekerjaan.
Bukanlah angkatan kerja : Bukanlah angkatan kerja yaitu mereka yang berusia 10 th. ke atas yang kegiatannya cuma bersekolah, mengurusi rumah tangga dsb. Contoh grup ini yaitu : anak sekolah serta mahasiswa, beberapa ibu rumah-tangga serta orang cacat, serta beberapa pengangguran suka-rela.
Berdasar pada kualitasnya
Tenaga kerja terdidik : Tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang mempunyai satu ketrampilan atau kemahiran dalam bagian spesifik lewat cara sekolah atau pendidikan resmi serta nonformal. Misalnya : pengacara, dokter, guru, dan sebagainya.
Tenaga kerja terlatih : Tenaga kerja terlatih yaitu tenaga kerjayang mempunyai ketrampilan dalam bagian spesifik dengan lewat pengalaman kerja. Tenaga kerja trampil ini diperlukan latihan dengan cara berkali-kali hingga dapat kuasai pekerjaan itu. Misalnya : apoteker, pakar bedah, mekanik, dan sebagainya.
Tenaga kerja tak terdidik serta tak terlatih : Tenaga kerja tak terdidik serta tak terlatih yaitu tenaga kerja kasar yang cuma memercayakan tenaga saja. Contoh : kuli, buruh angkut, pembantu rumah tangga, dsb. sebagai referensi : pabrik sepatu safety

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s