asal usul Ancol

Lokasi ancol terdapat disamping timur Kota Tua Jakarta, hingga batas kompleks Pelabuhan Samudera Tanjungpriuk. Saat ini lokasi itu dijakdikan satu Kelurahan dengan nama yang sama, termasuk juga lokasi kecamatan Pademangan, Kotamadya Jakarta Utara. beberapa kali wilayah ini juga pernah menjadi wilayah jakarta timur

Ancol memiliki kandungan makna “tanah mendidih berpaya – paya” Dulu, apabila laut tengah gunakan air payau kali Ancol berbalik kedarat menggenangi tanah sekitarnya hingga merasa asin. Wajarlah apabila orang – orang Belanda jaman VOC menyebutkan lokasi itu sebagai Zoutelande. “tanah asin” sebutan yang juga diberikan untuk kubu pertahanan yang di bangun di situ pada th. 1656 (De Haan 1935 : 103 – 104).

Untuk menghubungkan Kota Batavia yang pada jaman itu berbenteng dengan kubu itu, terlebih dulu sudah di buat terusan, yakni Terusan Ancol, yang hingga saat ini masihlah bisa dilayari perahu. Lalu di bangun juga jalan yang sejajar dengan terusan.

Pembuatan terusan, jalan serta kubu pertahanan di situ, lantaran dikira srtategis dalam dalam rencana pertahanan kota Batavia atau kota jakarta. Karakter strategis lokasi Ancol rupanya telah dirasa pada saat agama Islam mulai menyebar didaerah pesisir Kerajaan Sunda. Dalam Koropak 406, Carita Parahiyangan, Ancol dimaksud – sebut sebagai satu diantara medan perang selain Kalapa Tanjung Wahanten (Banten) serta tempat – tempat yang lain pada saat pemerintahan Surawisesa (1521 – 1535). wilayah jakarta sendiri sebenarnya telah terbagi menjadi lima wilayah inti dari kota jakarta itu sendiri. jakarta selatan menjadi daerah pusat kota untuk pebinis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s