Tips Keselamatan Pekerja Restoran

Tips Keselamatan Pekerja Restoran
Saat bekerja di restoran, semua karyawan harus selalu sadar dan waspada akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kita ketahui kalau dalam operasional restoran banyak menggunakan bahan bakar seperti gas, api, minyak, dan listrik hingga peluang terjadinya kecelakaan selalu mengancam. Karenanya semua karyawan restoran harus selalu memerhatikan dan mengutamakan keselamatan kerja baik untuk dirinya sendiri ataupun rekan kerja.

Berikut adalah 8 hal penting mengenai keselamatan kerja di restoran yang harus selalu diperhatikan oleh karyawan restoran:
1.    Hindari untuk mengoperasikan perlengkapan listrik saat kondisi tangan anda basah
Pastikan tangan anda dalam kondisi kering atau gunakan napkin atau tissue untuk mengelap tangan anda yang basah sebelum mengoperasikan perlengkapan listrik baik itu blender, cup sealler dan lainnya.

2.    Selalu gunakan sepatu kerja
Sepatu kerja dapat melindungi anda dari kecelakaan yang fatal. Untuk para koki, penggunaan sepatu boots safety yang melindungi bagian depan kaki, akan melindungi kaki dari siraman air panas atau percikan minyak panas saat memasak di ruang kitchen. Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu dengan bagian sol yang menapak kuat di lantai atau tidak licin.

3.    Gunakan cempal saat mengangkat perlengkapan memasak yang panas
Cempal atau disebut juga jampel adalah penahan panas yang terbuat dari bahan kain yang digunakan untuk mengangkat peralatan yang panas seperti kuali, panci dan lainnya.

4.    Segera bersihkan bila ada minyak goreng atau cairan yang jatuh ke lantai
Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja karena terpeleset disebabkan lantai yang licin.

5.    Gunakan mat floor
Mat floor berfungsi untuk memberikan pijakan yang kuat untuk karyawan saat tengah bekerja dalam kondisi lantai yang licin.

6.    Hindari menggunakan api terlalu besar
Penggunaan api yang terlalu besar selain akan membuat suhu ruangan jadi sangat panas juga dapat menyebabkan ledakan.  Selain itu jauhkan bahan bakar yang mudah terbakar dari kompor. Lebih baik anda menggunakan LPG aman di ruang dapur.

7.    Lepaskan regulator atau kepala gas dari tabung gas saat kompor gas selesai digunakan.

8.    Bila menggunakan kompor minyak tanah, hindari mengisi minyak tanah dalam kondisi kompor sudah menyala. Seperti yang Pernah di utarakan oleh pihak pertamina dalam seminar yang mengusung tema ” pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ” bahwa kecelakaan kerja yang sering terjadi akibat kelalaian manusia dan ini harus menjadi perhatian khusus bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan pegawainya.
Demikian 8 hal penting mengenai keselamatan kerja di restoran yang harus selalu diperhatikan oleh karyawan restoran untuk keselamatan kerja. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s