Awal Mula Glodok dan Pancoran

Awal Mula Glodok dan Pancoran

Untuk orang Jakarta, nama lokasi Glodok serta Pancoran tersohor sebagai tempat penjualan alat elektronik.

Diluar itu, lokasi yang terdapat di Jakarta Barat ini dapat populer sebagai daerah pecinan Jakarta atau tempat tempat banyak etnis Tionghoa menetap.

Glodok sebagai lokasi pecinan sesungguhnya telah eksis mulai sejak lama, bahkan juga mulai sejak jaman penjajahan Belanda.

Tetapi, tidak diduga, nama Glodok nyatanya datang dari hal yang cukup unik.

” Jadi, dahulu itu di depan Balai Kota atau saat ini Museum Histori Jakarta (Museum Fatahillah) tiap-tiap sore orang-orang mengambil air bersih dari pancuran yang ada di depannya, ” tutur Adjie, pemandu dari Jakarta Food Adventure, dalam acara Explore Kota Tua & The Taste of Dutch & Betawi Culinary, Minggu (5/6/2016).

Menurut Adjie juga, sumber mata air pancuran itu ada cukup jauh, yaitu sekitaran tiga km. dari pancuran serta dialirkan memakai pipa. dimana tempat yang menarik dan enak di kunjungi di jakarta, mungkin itu pertanyaan yang cukup banyak orang tanyakan, anda dapat meminta bantuan dari jakarta tour guides yang akan membantu anda untuk menemukan tempat terbaik di jakarta

Lalu, apa hubungan dengan lokasi Glodok?

” Sumber mata airnya datang dari sejenis kincir kayu yang selalu berputar serta waktu berputar keluarkan nada ‘glodok, glodok’. Jadi, orang mulai memanggil tempat sumber mata air itu Glodok. Lantas, ada lokasi Pancoran dekat Glodok, sesungguhnya itu datang dari sebutan pancuran air, ” narasi Adjie.

Orang jaman dulu, menurut Adjie, begitu suka bikin nama tempat dari sebutan atau keadaan waktu itu.

” Seperti Jalan Pintu Besar serta Pintu Kecil dahulu itu memanglah Kota Batavia dikelilingi benteng yang ada pintu besar serta pintu kecil untuk hilir mudik, ” tutur Adjie.

tempat yang bagus dan cocok untuk dijadikan tempat pariwisata di indonesia sangat banyak. hanya saja banyak orang yang tidak tahu tempat-tempat menarik yang ada di jakarta, anda dapat meminta bantu dari jakarta local guide, komunitas ini akan membantu anda dalam menemukan tempat terbaik yang ada di jakarta tanpa meminta bayaran alias gratis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s