Pengertian Safety Helmet / Helm Proyek

Gambar terkait

1. Pengertian :

Safety Helmet didesain manfaat membuat perlindungan kepala dari special resisting penetration seperti terbentur dengan pipa, atap dan peluang jatuhnya benda dari atas. Cara pemakaian Helm Safety yang benar akan memberi perlindungan optimal untuk kepala. Pemakaian Helm Safety dengan cara tepat dan benar dapat kurangi konsekwensi yang muncul ketika terjadi beberapa hal yg tidak dikehendaki.

Dan berikut ini beberapa arti dari warna Safety Helmet yang digunakan manfaat menerangkan posisi atau jabatan orang itu.

a. Helm safety berwarna putih biasanya digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
b. Helm safety berwarna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sesaat.
c. Helm safety berwarna kuning biasanya digunakan oleh sub contractor atau pekerja umum.
d. Helm safety berwarna hijau biasanya digunakan oleh pengawas lingkungan.
e. Helm safety berwarna pink biasanya digunakan oleh pekerja baru atau magang.
f. Helm safety berwarna orange biasanya digunakan oleh tamu perusahaan.
g. Helm safety berwarna merah biasanya digunakan oleh safety officer yang memiliki tanggung jawab untuk mengecek system keselamatan telah terpasang dan berperan sesuai sama standard yang telah diputuskan.

2. Manfaat/Manfaat :

Pada intinya manfaat atau manfaat utama dari helm safety adalah sebagai pelindung kepala pekerja, agar dapat membuat perlindungan dari kejatuhan barang dan yang lain, dan kurangi cedera yang akan menimpa pekerja itu. Manfaat helm safety sangat diperlukan oleh pekerja yang bekerja di tempat kerja seperti tambang minyak, pabrik, proyek pembangunan gedung dan beragam hal yang lain. Pemakaian helm safety dan sepatu safety di tempat kerja adalah keharusan karena manfaat intinya membuat perlindungan diri.

3. Beberapa macam jenis/type Safety Helmet :

a. safety helmet pekerja tambang bawah tanah atau terowongan. Helm ini bentuk pinggirannya lebar dan bagian atas lebih menonjol yang diperlengkapi gantungan atau tempat menempatkan senter.

b. safety helmet yang digunakan di daerah tambang atau industri terbuka. Helm ini memiliki bentuk umum saja atau lebih umum.

4. Bagian-bagian dari Safety Helmet :

a. Brim : yaitu bagian terluar dari helm yang keras manfaat membuat perlindungan kepala.
b. Suspension : Peredam bentrokan biasanya berupa tali yang berikan jarak pada susunan terluar dengan kepala kita.
c. Peak : Moncong helm yang membuat perlindungan bagian mata.
d. Chin strap : yaitu tali yang dipasang didagu agar helm tidak mudah terlepas.
e. Nape strap : yaitu bagian yang berbentuk adjustable yang bermanfaat untuk mennyesuaikan hingga fit di kepala kita.

5. Bahaya apabila tidak memakai Safety Helmet ketika bekerja :

Kepala adalah organ paling vital pada manusia, ketika kita tengah bekerja pastinya ada seuatu peristiwa yang tidak terduga dan tidak dikehendaki oleh kita, misalnya ketika kita bekerja di konstruksi bangunan, kejatuhan benda-benda seperti batu bata dan sebagainya mungkin terjadi, oleh karenanya keselamatan kerja perlu di perhatikan, apabila tidak ketika peristiwa yang tidak kita ingikan terjadi mungkin kita terserang beberapa resiko yakni gagar otak, hilang ingatan, dan yang terburuk kematian, oleh karena itu keselamatan kerja perlu di prioritaskan. Selain itu penggunaan sepatu safety online juga sangat penting untuk menjaga agar pekerja tidak terpeleset dll.

6. Tips Menjaga Helm Safety :

a. Helm proyek baiknya janganlah disimpan atau ditempatkan di bawah cahaya matahari segera, tidak pada tempat dengan panas berlebihan dan keadaan keadaan tidak lembab. hal semacam ini dilakukan untuk melindungi kemampuan bahan yang dipunyai oleh helm. Letakkan helm pada ruang yang teduh di dekat pintu kantor lewat cara di beri gantungan, atau rack untuk menempatkan. Hingga setiap pekerja dapat segera mengenakannya setelah keluar ruangan.
b. Helm baiknya harus dicuci dengan teratur, yaitu setiap 1 minggu sekali ketika hari minggu atau hari libur. Walau demikian untuk penggunaan di tempat yang menyeankan helm cepat kotor atau type pekerjaan seperti mekanik, pemrosesan batubara, dan sebagainya, maka helm baiknya dicuci sehari-hari. Pencucian dapat dilakukan dengan memakai air sabun dan dibersihkan memakai kain atau busa bersihkan. Kemudian keringkan dengan kain kering.
c. Penelusuran dilakukan oleh pemberi APD sebelumnya diberikan ke pekerja, hal semacam ini untuk meyakinkan kwalitas dan kelayakan helm safety, walau demikian pekerja juga perlu melakukan penelusuran lagi, bila terdapat helm/alat yang rusak contoh tali terputus, dan sebagainya, maka selekasnya minta perubahan apd ke petugas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s