Cara Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

Untuk sebagian orang kebersihan sepatu yaitu hal yang wajib untuk penampilan. Tidak hanya kaki dan kukunya saja yang perlu perawatan, sepatu harus dirawat dengan baik agar tetap tampil menarik serta awet digunakan.

Tetapi sayangnya, beberapa orang yang belum tahu bagaimana caranya menjaga sepatunya dengan baik. Bukannya jadi awet, sepatu jadi jadi cepat rusak akibat salah perawatan. Namun tenang Guys, kami kasih Tips untuk kamu agar dapat menjaga sepatu kesayanganmu dengan baik.

Berikut ini yaitu tips menjaga sepatu agar tetaplah awet :

1. PERHATIKAN JENIS BAHAN SEPATU

Lain Padang Lain Belalang, Lain Type Bahan Sepatu Lain juga cara perawatannya. Anda terlebih dulu harus tahu Apa type sepatumu sebelumnya membersihkannya. Untuk tahu terbuat type bahan apa sepatumu, anda dapat tanyakan ke toko tempat anda beli sepatu atau lihat info dari dos paket sepatumu apabila ada atau apabila sepatumu datang dari produsen bermerek anda dapat sedikit googling tentang spesifikasi sepatu yang anda beli.

Dengan tahu Type bahan Sepatumu, anda semakin lebih mudah tahu bagaimana caranya perawatannya dan hal apa sajakah yang dapat mengakibatkan kerusakan sepatumu. Berikut ini kami rangkumkan beragam bahan type sepatu yang umum mengedar di market :

KULIT ASLI

Sepatu yang terbuat berbahan kulit asli adalah sepatu yang memiliki kwalitas paling tinggi atau kwalitas yang terbagus. Tidak mengherankan bila harga dari sepatu memiliki bahan kulit asli jadi sepatu yang paling mahal dibanding dengan sepatu dari type bahan yang lain. Walapupun harga nya mahal, sepatu yang terbuat dari kulit asli sangat disukai banyaknya orang karena sepatu ini dapat dipakai kurun waktu yang lama (tahan lama) dan kuat. Diluar itu, pilihan warna dari sepatu memiliki bahan kulit tidak terbatas pada beberapa warna gelap yang biasanya lebih disukai oleh beberapa lelaki seperti warna coklat maupun hitam. Walau demikian, sepatu kulit dapat di finishing dalam beragam warna yang yang lebih menarik seperti warna marun, warna putih, warna krem, bahkan juga dalam beberapa warna yang lebih mencolok seperti warna merah, kuning, ungu, oranye, dan pink yang notabenya sangat disenangi oleh beberapa wanita. Produsen sepatu biasanya memakai kulit domba dalam pembuatan sepatu memiliki bahan kulit asli. Jenis-model sepatu yang memakai kulit asli sebagai bahan membuatnya yakni, sepatu pantofel, sepatu moccasin, sepatu boot, dan sepatu safety.

KULIT SUEDE

Kulit suede atau seringkali dimaksud bludru adalah bahan pembuat sepatu yang sesungguhnya juga adalah kulit. Tetapi sistem kulit suede, bagian yang difinishing yaitu bagian belakang dari kulit bukanlah bagian permukaan kulit itu. Bagian belakang kulit yang difinishing memberi efek seperti bulu lembut yang menarik. Sepatu yang di buat berbahan kulit suede memiliki beragam varian warna. Sepatu jenis casual, sepatu boot, dan sepatu wanita yaitu beberapa jenis sepatu safety online yang sangat pas dipakai dengan bahan kulit suede.

KULIT BUK

Kulit buk adalah type bahan pembuat sepatu yang serupa dengan kulit suede. Ketidaksamaan kulit buk dan kulit suede yakni pada teksturenya. Bila kulit suede memiliki teksture seperti bulu yang lembut, bukan sekedar dengan kulit buk. Kulit buk memiliki struktur yang agak kasar. Ketidaksamaan kulit buk dan kulit suede ada juga pada sistem finishing penyamakan kulitnya. Jenis sepatu yang sering di buat memakai kulit buk yakni jenis sepatu-sepatu kasual. Selain pada sepatu jenis kasual, kulit buk juga sering dipakai sebagai bahan gabungan dalam pembuatan sepatu boot. Sepatu yang memakai kulit buk dalam sistem membuatnya, memiliki beberapa warna yang bermacam seperti sepatu yang di buat memakai kulit suede.

KULIT SINTETIS

Kulit sintesis yaitu type bahan pembuat sepatu yang datang dari kombinasi beberapa bahan kimia yang di proses di pabrik. Kulit sintesis sediri memiliki struktur yang mengkilat. Kulit sintesis adalah type bahan pembuat sepatu yang seringkali dipakai oleh beberapa produsen. Hal semacam ini dikarenakan oleh murahnya harga kulit sintesis disbanding dengan harga dari kulit asli. Jenis sepatu seperti jenis sepatu-sepatu resmi, jenis sepatu kasual, jenis sepatu boot, dan sepatu berolahraga kerapkali memakai kulit sintesis dalam membuatnya. Tidak hanya jenis itu saja, jenis sepatu anak-anak juga sering memakai kulit sintesis dalam membuatnya.

KULIT LAK

Kulit lak adalah type bahan pembuat sepatu yang mirip kulit sintesis karena teksturnya yang mengkilap. Struktur mengkilap pada kulit lak dikarenakan oleh akhir sistem finishing kulit. Kulit lak adalah bahan pembuat sepatu yang condong tahan dengan air dan memiliki cara perawatan yang cukup mudah. Dalam perwatannya, sepatu memiliki bahan kulit lak tak perlu disemir tetapi cukup di bersihkan atau dilap degan air saja. Kulit lak sering kita temui pada sepatu-sepatu PDH.

CANVAS

Canvas adalah type bahan sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu sekolah. Selain dipakai dalam pemuata sepatu sekolah, type bahan ini dapat umum diketemukan dalam pembuatan sepatu lukis karena type bahan ini mudah dipakai untuk menggambar suatu objek. Sepatu yang terbuat berbahan canvas biasanya memiliki warna hitam atau putih.

DENIM

Denim adalah type bahan pembuat sepatu yang juga sering dikatakan sebagai bahan jeans. Bahan ini mirip bahan canvas. Tetapi bahan denim atau jeans biasanya dipakai untuk bikin jenis sepatu casual atau sepatu sneakers. Warna dari sepatu memiliki bahan denim ini biasanya warna biru, warna abu-abu dan hitam. Bahan denim juga termasuk bahan pembuat sepatu yang kuat dan tahan kurun waktu yang lama.

KARET

Karet yaitu hasil oalahan getah dari pohon karet yang sering dipakai dalam pembuatan sepatu. Sepatu-sepatu wanita adalah sepatu yang seringkali di buat dengan memakai bahan karet. Tetapi di masa modern ini, bahan karet juga sering didapati pada sepatu-sepatu pria terutama sepatu pantopel dan sepatu kasual. Sepatu memiliki bahan karet termasuk dalam sepatu tahan lama karena sepatu ini memiliki bentuk yang lentur dan tahan air.

2. RAWATLAH SEPATU BERDASARKAN BAHAN JENISNNYA

MERAWAT SEPATU BERBAHAN KULIT ASLI :

  • Bersihkanlah dengan selekasnya sepatu yang terserang debu, karena jika sepatu memiliki bahan kulit terserang debu kurun waktu yang cukup lama, debu itu akan sulit untuk di hilangkan.
  • Semirlah sepatu memakai warna semir yang sesuai agar sepatu terlihat tidak kusam.
  • Sikatlah sepatu memakai sikat yang memiliki bulu yang halus dan lembut.
  • Manfaatkanlah sponge atau sikat yang halus saat membersihkan sepatu dan manfaatkanlah hair dryer untuk mengeringkan sepatu.
  • Lapisi sepatu degan Koran sisa sebelumnya Kamu keringkan meggunakan hair dryer agar panas yang didapat tidak mengakibatkan kerusakan sepatu Kamu.

MERAWAT SEPATU BERBAHAN KULIT SUEDE :

  • Sikatlah sepatu memiliki bahan suede yang terserang noda memakai sikat khusus untuk sepatu memiliki bahan suede.
  • Sikat sepatu yang terserang noda searah. hal semacam ini mempunyai tujuan agar noda yang tertempel pada sepatu tidak menebar. oleskan atau manfaatkanlah cream khusus pada sepatu agar tidak telah terserang kotoran.
  • Jauhi pemakaian hair dryer untuk mengeringkan sepatu yang basah karena udara panas hair dryer dapar mengakibatkan kerusakan permukaan sepatu.
  • Bersihkanlah sepatu sekerap mungkin karena sepatu ini mudah mengeras yang mengakibatkan noda akan makin susah untuk dibersihkan.

MERAWAT SEPATU BERBAHAN KULIT SINTESIS DAN KULIT LAK :

Sepatu memiliki bahan kulit sintesis dan kulit lak adalah type sepatu yang paling mudah untuk dirawat. sepatu ini cukup dibersihkan lewat cara di lap karena struktur sepatu yang mengkilap mudah untuk dibersihkan dari noda.

MERAWAT SEPATU BERBAHAN KANVAS ATAU DENIM

Seperti yang dijelaskan di atas kalau sepatu memiliki bahan kanvas dan denim adalah type sepatu yang termasuk sama. hingga perawatan yang diperlukan dalam menjaga sepatu ini dapat sama. tersebut disini cara menjaga sepatu memiliki bahan kanvas dan denim.

  • Diamkanlah sepatu yang terserang kotoran (lumpur) sampai kotoran itu mongering.
  • jam sol sepatu yang satu dengan yang lain. ini mempunyai tujuan agar kotoran terlepas dari permukaan sepatu.
  • Manfaatkanlah sikat khusus atau sikat gigi yang telah di celupkan ke air sabun untuk menyikat bagian dalam dan bagian luar dari sepatu.
  • Basuh sepatu yang telah disikat dengan air dingin.
  • Campur baking soda dan air lalu pakai kombinasi itu di bagian dalam sepatu agar bau tidak enak dari sepatu hilang.
  • Jemur sepatu untuk dikeringkan. jauhi penjemuran sepatu di bawah cahaya matahari dengan cara segera.

MERAWAT SEPATU BERBAHAN KARET

Menjaga sepatu karet agar tetaplah awet dan tahan lama, dapat di tempuh melalui beberapa cara berikut ini :

  • Taruh sepatu memiliki bahan karet pada tempat yg tidak terserang cahaya matahari segera (tidak lembab) karena cahaya matahari akan bikin sepatu jadi memuai.
  • Bersihkan sepatu karet yang terserang noda sebelumnya dimasukkan kedalam rack sepatu. bersihkan dengan kain kering yang lembut
  • Jauhi pemakaian sepatu karet pada ruang jalan yang terjal atau tidak rata.
  • Janganlah menumpuk sepatu saat ditempatkan di rack, karena penimbunan dapat mengubah bentuk dari sepatu karet.

3. HINDARI AKTIFITAS YANG RENTAN MERUSAK SEPATU

Selain cara perawatan yang salah, Type kegiatan penggunaan sepatu dalam aktivitas satu hari hari juga turut bertindak memastikan seberapa lama keawetan sepatumu dapat bertahan. Nah berikut ini yaitu kegiatan sepatu yang pantas anda jauhi saat memakai sepatu kesayangganmu :

JANGAN GUNAKAN SEPATU SELAMA DUA HARI BERTURUT-TURUT

Sepatu perlu waktu untuk aliran hawa selama 24 jam sebelumnya km pakai kembali. Bila km terus-terusan memakainya berbahan akan terus-menerus tertarik dan jadi rapuh hingga cepat sobek.

HINDARI MENYETIR DENGAN SEPATU TUMIT TINGGI

Untuk km yg mengendarai mobil, jauhi memakai sepatu tumit tinggi saat menyetir. Hal semacam itu karena saat mencapai rem sol selalu menerus tertekan dan jadi cepat rusak. Memakai sandal saat menyetir semakin lebih baik. Lalu, untuk km yang memakai kedaraan umum, saat pergi ke kantor dapat memakai sandal lebih dahulu. Ketika sampai kantor, baru gunakan sepatu favorite.

JANGAN BIARKAN LEMBAB

Bila terserang air hujan atau lembab karena keringat, angin-anginkan sebentar sepatu sampai kering. Bersihkan sampai tak ada kotoran yang ketinggalan baru taruh di kotaknya. Untuk menghidarinya dari jamur tempatkan silica gel atau kapur barus dalam kotak untuk menyerap lembab.

JANGAN MENUMPUK SEPATU

Janganlah tumpuk sepatu demikian saja tanpa ada kotak. Ini dapat mengakibatkan kerusakan bahan dan solnya. Menumpuk sepatu berkotak-kotak akan mengakibatkan kerusakan sepatu berada di bawahnya. Baiknya, pakai rack khusus untuk menaruh sepatu.

Sepatu selain sebagai alas kaki dapat juga jadi penyempurna tampilan. Karenanya seperti aksesori yang lain, sepatu sangat perlu memperoleh perawatan. Untuk menghindar agar sepatu tidak berbau, janganlah memakai sepatu dengan keadaan kaki yang tengah basah. Sebab hal itu dapat mengakibatkan bakteri berkembang dan pada akhirnya sepatu anda jadi berbau tidak enak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s