Cara Merawat dan Menyimpan Sepatu Agar Awet

Resultado de imagem para Cara Merawat dan Menyimpan Sepatu Agar Awet

Sepatu merupakan barang yang dimiliki oleh setiap orang, yang biasanya dipakai untuk pergi. Sepatu terdiri dari bagian seperti sol, hak, kap, tali, dan lidah sepatu, terdapat beragam macam model sepatu. Biasanya sepatu favorite atau yang seringkali dipakai, akan membuatnya cepat mengalami kerusakan. Karenanya, cukup penting tahu tips menjaga dan menaruh sepatu dengan benar, agar nanti sepatu dapat jadi awet.

Tips menjaga dan menaruh sepatu

1. Janganlah memakai sepatu selama tiga hari berturut-turut

Sepatu sesungguhnya perlu waktu untuk aliran hawa selama 24 jam sebelumnya dipakai kembali. Nah, jika terus-menerus memakai sepatu, maka berbahan akan jadi tertarik, hingga nanti sepatu mudah rapuh dan cepat sobek.

2. Jauhi menyetir memakai sepatu tumit tinggi

Ketika mengendarai mobil, jauhi memakai sepatu yang memakai tumit tinggi ketika menyetir, karena saat mencapai rem mobil maka sol akan alami penekanan, hingga bikin sepatu rusak.

3. Janganlah dibiarkan sepatu lembab

Jika sepatu terserang air hujan atau yang sering alami lembab karena keringat, maka angin-anginkan sepatu safety beberapa saat, sampai pada akhirnya sepatu kering. Kemudian Anda pastikan sampai tak ada kotoran yang ketinggalan di dalamnya, lalu baru Anda taruh ditempat yang aman untuk sepatu, seperti di kotak.

Hal semacam itu untuk hindari ada jamur. Diluar itu, anda dapat menangani hal itu dengan meletakan silica gel (kapur barus) didalam kotak untuk menyerap kelembapan.

4. Sepatu khusus berolahraga rawan kotor, sikat saja memakai air deterjen

Type sepatu berolahraga termasuk yang paling rawan alami kotor. Karena sepatu berolahraga biasanya dipakai untuk kesibukan outdoor (diluar ruangan), misalnya untuk mendaki gunung. Pastinya sepatu ‘tidak mungkin’ tidak kotor. Pada sepatu akan banyak tanah, pasir dan lumpur.

Keadaan sepau yang kotor akan mengharuskan pemakainya mencucinya. Cara bagus untuk mencucinya, bebaskan tali sepatu. Lalu rendam didalam larutan deterjen sekitar 10-15 menit.

Lalu sediakan sikat gigi sisa dan deterjen bubuk. Larutkan deterjen bubuk di air. Ingat! Larutan ini berbeda dengan yang akan digunakan pada tali sepatu. Anda perlu menyikat dengan cara perlahan-lahan bagian sepatu yang kotor, pakai sikat gigi saja, tanpa ada deterjen.

Setelah noda mulai sirna (noda tidak dapat menghilang full), maka celupkan sikat gigi kedalam larutan deterjen tadi. Lalu sikat lagi bagian yang kotor tadi sampai nodanya betul-betul bersih.

Lalu angkat rendaman tali sepatu, lalu kucek-kucek untuk menyingkirkan noda. Basuh sepatu dan talinya memakai air keran umum, kerjakan sampai busa jadi hilang seutuhnya.

Mengeluarkan dulu bagian lidah sepatu, lalu Anda masukan dalam sepatu segumpal kertas koran sisa. Lalu jemur sepatunya sampai kering. Ingat! Menjemurnya tidak segera terserang matahari, tetapi ditempat yang terduh (memiliki atap). Menjemur segera dii bawah cahaya matahari dapat mengakibatkan kerusakan sepatu.

5. Jauhi menumpuk sepatu

Jangan sampai menumpuk sepatu sembarangan tanpa ada memakai kotak, atau tidak ada penghambat antar sepatu, hingga sepatu terhimpit. Karena menumpuk sepatu dapat mengakibatkan kerusakan bahan dan sol sepatu safety online. Lebih dianjurkan Anda memiliki rack khusus yang dipakai untuk menaruh sepatu.

6. Bersihkan sepatu sebelum disimpan

Menaruh sepatu yang dalam kondisi yang kotor maka menyebabkan hal jelek pada sepatu, yang membuatnya cepat rusak. Saat ingin bersihkan maka perhatikan pada bahan sepatu, jika sepatu memiliki bahan kulit maka membersihkannya cukup hanya sikat sepatu sampai debu yang ada kepadanya bersih.

Mengenai jika sepatu memiliki bahan kanvas, untuk membersihkannya dengan memakai air dan sabun, yang bisa dengan baik menyingkirkan nodanya pada sepatu.

7. Selekasnya keringkan sepatu bila basah

Jauhi tidak memperdulikan sepatu yang terserang air, terlebih bila kurun waktu yang lama. Jika Anda mengalamu kehujanan diluar, maka setelah tiba tempat tinggal sebaiknya mengeringkan menggunkan lap kering. Mengenai untuk mengeringkan bagian dalam sepatu, dapat memakai kertas koran atau yang semacamnya.

Saat memasukkan kertas koran didalam sepatu, maka posisikan sepatu dlaam kondisi berdiri, maksudnya adalah untuk cepat kering. Tidak direferensikan memakai alat pemanas buatan, misalnya hair dryer, dan lain-lain. Hal semacam itu tidak bisa karena di kuatirkan dapat mengakibatkan kerusakan kulit sepatu.

8. Keringkan kaki

Keadaan kaki yang basah menyebabkan kaus kaki akan turut berarir. Hal semacam ini mengakibatkan kondisi didalam sepatu lembab. Jika maslaah ini terjadi sanga sering, dikhwatirkan akan menyebabkan sepatu jadi sarang kembang biak bakteri dan kuman. Keadaan ini sangat beresiko untuk kesehatan, selain juga bikin sepati bau.

9. Taruh sepatu pada suhu yang stabil

Taruhlah sepatu pada tempat yg tidak terserang matahari, karena bila sepatu terlalu lama terserang cahaya matahari dapat bikin sirna warna sepatu. Dan sebaliknya, juga janganlah menaruh sepatu pada tempat yang condong basah, yang bikin sepatu lembab, dan bearoma tidak enak, diluar itu juga cepat rusak.

10. Isi sepatu dengan kertas

Ketika ingin menaruh sepatu dalam periode waktu yang lama, maka isilah bagian dalam sepatu dengan kertas, maksudnya agar tetaplah melindungi bentuk sepatu, dan hindari hewan-hewan kecil masuk bersarang didalam sepatu. Namun kertas yang Anda gunakan tidak bisa yang memiliki kandungan asam, dan tidak bisa memakai kertas yang terdapat tulisan bertinta karena nanti meninggalkan sisa tinta pada sepatu.

11. Janganlah bungkus sepatu memakai plastik

Jauhi rutinitas membungkus sepatu memakai plastik, karena dapat menyebabkan sepatu alami lembab dan berjamur.

12. Pakai lemari sepatu

Taruhlah sepatu di lemari khusus, di mana yang miliki aliran hawa yang baik, hingga hindari sepatu memiliki bahan kulit jadi berjamur, karena tidak ada aliran hawa, serta mempunyai tujuan membuat perlindungan sepatu dari hewan perusak seperti tikus.

13. Perhatikan suhu tempat menaruh sepatu

Jauhi menaruh sepatu ditempat seperti ruang bawah tanah, garasi, dan tempat semacamnya yang memiliki resiko memiliki suhu ekstrim, hingga pada akhirnya mengakibatkan kerusakan sepatu.

14. Semir dengan cara rutin

Menyemir sepatu type kulit yaitu hal yang cukup penting dilakukan. Menyemir dapat dilakukan memakai product wax/krim polish. Sebelumnya menyemir, pastikan sepatu telah dalam keadaan kering. Sebaiknya sesuaikan warna wax/krim dengan sepatu.

Untuk mengerjakannya, dengan tempelkan krim itu ke sepatu. Lalu sikat sampai semua bagian permukaan sepatu. Lalu diamkan kurun waktu beberapa menit. Lalu gosok memakai kain bersih sampai mengkilap.

15. Bersihkan kotoran sebelumnya menyemir

Jauhi menyemir sepatu kulit sebelumnya kotoran yang ada harus di hilangkan (dibersihkan). Hal semacam itu karena ketika digosok, menyebabkan tersebarnya kotoran ke semua permukaan sepatu. Yang pada akhirnya menyebabkan jelek pada sepatu

Untuk memperoleh hasil yang paling baik, maka gunakan saddle soap. Itu yaitu type sabun yang berperan untuk bersihkan kulit tanpa ada mengakibatkan kerusakan permukaan pada kulit sepatu yang peka. Bersihkan memakai dengan sikat atau kain yang lembut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s