Tips Perlindunan Bekerja Menggunakan Mesin Bergerak

Gambar terkait

Pelindung mesin yang ideal harus dipasang pada mesin atau perlengkapan yang memiliki komponen berputar atau bergerak, di mana terdapat kemungkinan pekerja secara tidak berniat menyentuh komponen itu, yang dapat menyebabkan cedera serius.

Tangan, kaki, rambut, jari atau bagian badan yang lain mungkin terjepit, terpotong, tertarik, atau terlilit dengan cara tidak berniat saat menjalankan mesin bergerak atau berputar. Di Ontario, Kanada, sebagian besar pekerja yang alami kecelakaan kerja akibat mesin bergerak atau berputar dikarenakan oleh kekeliruan manusia (human error) dan tidak terpasangnya pelindung mesin yang ideal.

Pada mesin bergerak atau berputar biasanya bagian mesin yang beresiko, seperti roda gigi telah dipasang pelindung berbentuk tutup pengaman yang didesain sedemikian rupa oleh produsen, tetapi banyak beberapa pekerja atau operator yang berniat buka tutup pengaman itu dengan alasan untuk efisiensi kerja tanpa ada memperhitungkan aspek resiko.

Walau sebenarnya pelindung mesin sangat penting membuat perlindungan pekerja dari kecelakaan kerja akibat mesin bergerak atau berputar, yang dapat menyebabkan luka gores (laserasi), patah tulang (fraktur), sampai kematian. Karenanya, setiap pekerja harus meyakinkan kalau semua bagian mesin yang bergerak atau berputar itu sudah ditutup pengaman agar tidak membahayakan pekerja, apabila sangat mungkin dipasang alat pelindung yang dapat mematikan mesin dengan cara automatis apabila penutup di buka.

Potensi Bahaya Pada Mesin Bergerak atau Berputar

Tanpa ada pelindung mesin, tanpa ada ikuti prosedur bekerja aman, atau tidak kenakan alat pelindung diri seperti sepatu safety online yang tepat, pengoperasian mesin bergerak atau berputar dapat menyebabkan cedera untuk pekerja atau rusaknya pada alat/mesin.

Pentingnya Pemasangan Pelindung Mesin (Safety Guarding)

Mesin yang dipakai di pabrik atau industri memiliki kandungan beragam potensi bahaya yang bisa meneror keselamatan dan kesehatan pekerja. Oleh karena itu, potensi bahaya yang ada harus dikontrol atau di hilangkan.

Ada dua prinsip basic kontrol sumber bahaya yang perlu diperhitungkan dalam kurangi sumber bahaya mesin, yaitu menghapus atau kurangi resiko dengan menempatkan pelindung pada mesin dan membuat perlindungan pekerja dengan alat pelindung diri untuk resiko tertentu.

Pelindung mesin (safety guarding) yaitu suatu alat peralatan yang dipasang disuatu pesawat tenaga dan produksi (mesin) yang berperan membuat perlindungan tenaga kerja dari kecelakaan yang diakibatkan pesawat tenaga dan produksi.

Pada intinya, pemasangan pelindung mesin mempunyai tujuan membuat perlindungan dan menghindar cedera pada pekerja dari :

  • Titik operasi (saat pemotongan, pelaksanaan pelubangan, sistem bubut, pembengkokan atau penekukan, sistem merubah bentuk dan ukuran, menggunting atau memotong plat, pengeboran, sistem meratakan atau melembutkan benda kerja, sistem punching)
  • Titik nip (nip point) mesin yang berputar
  • Mesin berputar ((mesin bubut, mesin sekrap, mesin frais, mesin bor, mesin bending, mesin drilling, mesin gerinda))
  • Komponen mesin yang beresiko (poros, kopling, pasak, palang, roda berat, roda gigi, katrol, sabuk, benjolan di bagian yang bergerak, sekrup berputar, rantai yang bergerak atau berputar).

Beberapa jenis Pelindung Mesin

Kehadiran pelindung mesin berperan untuk mengatur jarak pada pekerja dengan potensi bahaya pada mesin yang dapat menyebabkan cedera atau sebagai akses penghambat agar pekerja tidak masuk ruang beresiko. Biasanya, pelindung mesin dibagi jadi empat type, salah satunya :

1. Fixed Guard – bagian penghambat permanen dari mesin. Pelindung mesin ini berperan untuk memberi jarak pada pekerja dengan mesin hingga kontak segera pada pekerja dengan komponen beresiko dapat dijauhi. Ada tiga type fixed guard, diantaranya fixed enclosing guard, fixed distance guard, dan fix nip guard. Fixed guard biasanya terpasang pada mesin-mesin besar, seperti mesin penggilingan padi, mesin penggilingan gandum, dan lain-lain.

2. Interlocked Guard – type pelindung yang dapat mematikan mesin dengan cara automatis apabila cover di buka. Jadi, mesin akan tidak beroperasi atau menyala sebelumnya pekerja tutup kembali cover pelindung. Cara kerja interlocked guard ini mengombinasikan system mekanik atau listrik dengan system kontrol hidrolik atau pneumatik.

3. Adjustable Guard – pelindung ini sangat mungkin pekerja mengatasi beragam jenis ukuran material dengan cara leluasa, namun masih tetap bagian mata pisau atau titik operasi pada mesin tetaplah terproteksi untuk hindari kecelakaan kerja akibat pekerja dengan cara tidak berniat menyentuh komponen itu. Adjustable guard biasanya melekat pada meja suatu mesin. Pelindung ini diterapkan pada mesin gerinda, bor listrik, dan lain-lain.

4. Self- Adjusting Guard – pelindung ini didesain sesuaikan ukuran atau posisi material. Self-adjusting berperan membuat perlindungan pekerja dengan meletakkan penghambat pada ruang beresiko pada mesin dengan pekerja. Pelindung biasanya terbuat berbahan plastik, logam atau bahan substansial yang lain. Self-adjusting biasanya terpasang pada gergaji listrik atau mesin pemotong yang lain.

Pelindung mesin adalah bagian penting dari program keselamatan kerja pada mesin. Pastikan Kamu memilih type pelindung yang tepat sesuai potensi bahaya yang ada pada mesin bergerak atau berputar. Tetapi perlu Kamu mengerti, menempatkan pelindung saja kurang bikin Kamu aman selama bekerja. Pastikan setiap pekerja memang telah kompeten dan memiliki pengalaman menjalankan mesin bergerak atau berputar dengan aman.

Ingat! Periksa semua pelindung mesin yang dipasang dan pastikan setiap pelindung bebas dari rusaknya atau cacat dan dapat memberi perlindungan yang ideal sebelumnya Kamu menjalankan mesin. Pakai alat pelindung diri yang diperlukan seperti sarung tangan, sepatu safety, safety helmet, atau safety goggles saat menjalankan mesin bergerak atau berputar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s