Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman

Hasil gambar untuk Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman

Apakah menurunkan berat tubuh dan melakukan pola hidup sehat jadi bagian dalam resolusi tahun baru Kamu? Bila iya, Kamu memerlukan sepasang sepatu berolahraga yang berkwalitas untuk meraih resolusi ini.

Memilih sepatu berolahraga -khususnya sepatu lari- yang baik memang tidak mudah, terlebih harga nya juga cukup tinggi, tetapi memakai sepatu yang tepat dapat bikin aktivitas olahraga jadi tambah nyaman dan hindari terjadinya cedera.

Dicoba Dahulu
Sebelumnya beli sepatu safety, terlebih dulu coba sepatu dengan memakai kaus kaki dan kerjakanlah gerakan lari-lari kecil. Kenyamanan adalah kunci dalam memilih sepatu lari yang baik. Pastikan tidak terasa sesak di kaki, tetapi juga tidaklah terlalu longgar hingga mudah terlepas saat dipakai.

Pilih sesuai type olahraga
Lain berolahraga, lain juga type sepatu yang perlu dipakai. Sepatu lari di desain untuk gerakan badan ke depan dan ke belakang, sepatu cross-training untuk gerakan ke samping, atau sepatu basket untuk memudahkan gerakan berputar, melompat, dan lari menggiring bola.

Bila Kamu belum meyakini berolahraga apa yang akan ditelateni, pilih sepatu yang memiliki manfaat untuk dipakai di banyak jenis berolahraga. Misalnya sepatu lari yang memiliki bantalan dalam demikian empuk dan sol yang keras untuk gerakan ke depan dan belakang saperti saat lari.

Pilih ukuran yang tepat
Tahukah Kamu, ukuran kaki akan jadi membesar di siang hari, terutama pada jam 16 : 00. Kaki akan jadi membesar saat olahraga, terutama lari. Pilih sepatu lari dengan satu ukuran semakin besar untuk menghindar terjadinya lecet dan bengkak pada kaki.

Sering diganti
Harga sepatu safety jakarta olahraga memang mahal, tetapi sering ditukar untuk melindungi mutunya. Bila bagian sol telah mulai rusak atau bantalan dalamnya telah tidak terasa empuk, telah waktunya untuk ganti dengan yang baru. Dianjurkan untuk ganti sepatu lari setelah penggunaan sejauh 200-300 mil.

Pilih sesuai bentuk kaki
Setiap orang memiliki bentuk kaki yang hampir tidak sama, khusus di bagian lengkungan di telapak kaki. Untuk tahu apa type kaki Kamu, coba rendam telapak kaki selama beberapa menit, lalu jejakkan kaki ke sehelai kertas. Bila sisa kaki yang terlihat hanya separuh dari lebar kaki, bermakna bentuk kaki Kamu netral. Bila sisanya nyaris sama juga dengan bentuk kaki semuanya, bermakna kaki Kamu flat atau datar. Bila sisanya hanya sedikit atau hanya terlihat jejak di ruang tumit dan bawah ibu jari kaki, bermakna Kamu memiliki bentuk kaki dengan lengkungan yang tinggi.

Lengkungan di telapak kaki berpengaruh pada bagaimana kaki menapak ke tanah saat lari. Kaki dengan lengkungan netral tidak memerlukan sepatu khusus, seandainya memiliki sol yang keras dan bantalan yang empuk. Kaki datar condong sering terasa licin ke depan saat lari, hingga memerlukan sepatu dengan kontrol dan kestabilan gerakan yang bisa mendorong beban badan ke bagian belakang kaki.

Sedang beberapa orang dengan lengkungan kaki yang tinggi memerlukan sepatu dengan bantalan sol dibagian tengah yang empuk untuk meredam desakan pada kaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s