Cara Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung

Gambar terkait

Mendaki gunung lekat dengan resiko mengalami kecelakaan seperti terkilir, tergores, bahkan terpeleset ketika mendaki. Salah satu perlengkapan untuk bisa meminimalisir resiko saat mendaki gunung yaitu dengan menggunakan sepatu. Tentu, mendaki gunung tidak bisa disamakan dengan aktivitas saat berada di kota. Sepatu yang dipakai juga harus dipilih secara khusus untuk mendaki gunung.

Nah, bila ingin beli sepatu safety jakarta untuk khusus mendaki gunung, berikut Kami berikan beberapa tips memilih sepatu untuk mendaki gunung.

Bahan sepatu

Medan pendakian yang akan ditempuh akan memengaruhi type sepatu yang dipakai. Seperti di Indonesia yang basah dan lembab, pakai sepatu yang dapat memiliki tehnologi anti air dan memiliki aliran udara.

Hal semacam itu akan menghindar air merembes masuk kedalam sepatu dan sesaat aliran hawa akan sangat mungkin kulit kaki tidak lembab yang dapat menyebabkan bau. Bahan sepatu safety untuk yang mendaki gunung yang dapat diambil yaitu kulit dan Goretex.

Pilih sol sepatu bergerigi dan cukup elastis

Medan pendakian gunung kerapkali beragam dari mulai tanah gembur, batu, sampai pasir. Agar tidak mudah terpeleset diperlukan sepatu dengan sol sepatu yang kuat. Pilihlah bagian sol yang bergerigi atau tapak kembang yang kasar. Itu agar dapat menggigit di tanah. Bila kita beli sepatu, ada tulisannya hiking boots. Rata-rata solnya tentu semi elastis, cukup kaku, dan elastis. Sol sepatu untuk mendaki di gunung-gunung tropis seperti di Indonesia, lebih baik memilih dengan kelenturan yang tengah. Artinya tidak elastis, namun juga tidak kaku. Bila di medan pendakian yang berbatu dan salju, memang cocoknya yang kaku.

Low versi high?

Sepatu khusus mendaki gunung terbagi dalam tiga type yaitu low cut, mid cut, dan high cut. Type itu mengacu pada ukuran leher sepatu yang dibagian mata kaki. Low cut tidak tutup mata kaki, sesaat mid dan high cut tutup mata kaki. Type itu dapat diklasifikasikan dengan medan pendakian, lama perjalanan, dan berat beban yang akan dibawa saat mendaki.

Bila berat beban yang akan dibawa mendaki enteng dan medan pendakian condong landai, sepatu yang diambil dapat dengan type low cut karena dapat mempermudah gerakan dalam pendakian. Sesaat bila, medan pendakian menanjak terjal yang memerlukan waktu pendakian berhari-hari, lebih dianjurkan memilih high cut. Dalam pendakian yang berhari-hari, sepatu dengan type high cut akan membuat perlindungan kaki dari kemungkinan terkilir. Pasalnya, sepatu dengan jenis leher tinggi akan mengunci mata kaki.

Pilih ukuran satu nomor lebih besar

Saat mendaki gunung, medan yang dihadapi tidak selalu menanjak. Medan yang dihadapi saat turun semakin lebih menyiksa karena beban badan akan bertumpu lebih banyak pada kaki.

Sepatu akan bertindak penting dalam kurangi resiko kaki terluka akibat kuku yang patah saat meniti medan yang alami penurunan. Nomor sepatu yang semakin besar dari nomor umum akan memberi peluang kaki sesuaikan saat perjalanan turun gunung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s