Faktor Penyakit Akibat Kerja

Hasil gambar untuk Faktor Penyakit Akibat Kerja

Ketahui cara mencegahnya! Kerja merupakan aktifitas atau rutinitas yang dilakukan setiap hari, sayang kita sering tidak mengerti kalau ada sebuah kemungkinan atau akibat yang diakibatkan dari pekerjaan itu. Munculnya penyakit akibat kerja dapat di dukung oleh salah satu aspek seperti Aspek lingkungaan kerja, yang muncul akibatnya karena kekeliruan manusianya tersebut.

Ada beberapa aspek yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit akibat kerja, salah satunya seperti berikut :

1.Aspek biologis

Aspek ini datang dari lingkungan kerja yang berhubungan dengan service kesehatan. Penyakit ini diakibatkan atau datang dari pasien karena ada kuman-kuman seperti kuman pyogenic, bacilli, coli dan staphtlococci dan benda-benda yang terkontaminasi oleh virus atau bakteri.

Aspek Penyakit Akibat KerjaInfeksi nosokomia memiliki resiko tinggi menyerang seorang yang bekerja pada bagian service kesehatan. Sebagai contoh 2-3 kali dokter atau petugas tempat tinggal sakit sangat rawan terinfeksi virus ini, di banding dokter swasta maupun doter praktik.

Mengenai mencegah yang dapat dilakukan agar terlepas dari aspek ini seperti untuk semua anggota kerja harus memperoleh kursus basic tentang basic kebersihan, sterilisasi dan desinfektan pada tempat, perlengkapan dan sisa bahan infeksius dan lain-lain.

2. Fakor kimia

Seorang yang bekerja ditempat atau lingkungan kerja yang sering berkontak segera dengan beberapa bahan kimia dapat menyebabkan masalah kesehatan badan mereka. Masalah kesehatan yang sering menimpa beberapa pekerja itu biasanya dermatosis yang disebabkan oleh karena terjadinya iritasi (amoniak, dioksan). Seperti bahan kimia toksik yang bila terhirup, tertelan, atau terserap oleh kulit dapat menyebabkan masalah penyakit akut atau kronik dan bahkan juga bila bahan kimia itu dilewatkan saja mengendap didalam badan dapat menyebabkan kematian untuk pekerja itu.

Cara mencegahnya :

  • Pertama-tama kenali semua type bahan limia yang terdapat di lingkungan pekerjaan, mana yang beresiko dan mana yg tidak.
  • Pakai alat atau baju pelindung seperti karet hisap (rubber buld), sarung tangan, pelindung mata, celemek, jas laboratorium, sepatu safety atau alat vakum menghindar agar bahan kimia itu tidak tertelan, terhirup atau terhisap oleh badan kita.
  • Janganlah sesekali memakai lensa kontak, karena pemakaian lensa kontak dapat mengakibatkan menempel pada lensa dan mata kita.
  • Bersihkan diri setelah usai bekerja.

3. Aspek fisik

Aspek fisik dapat memengaruhi kesehatan beberapa kerja yang mencakup :

  • Nada yang keras yang datang dari getaran mesin dapat mengakibatkan beberapa pekerja alami ketulian dan stress
  • Kurangnya pencahayaan pada beberapa ruangan seperti kamar kontrol, laboratorium, kamar perawatan atau kantor administrasi dapat memiliki resiko mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja dan masalah penglihatan.
  • Masalah pernapasan yang disebabkan ruangan yang lembab atau berdiam diruangan ber ac dalam periode waktu yang cukup lama.
  • Terserang efek radiasi yang di hasilkan dari alat-alat berteknologi tinggi.

Mencegah Penyakit Akibat Kerja

  • Kerjakan ingindalian cahaya diruangan yang kurang terang
  • Kerjakan penyusunan ventilasi hawa dan selalu siap sedia air minum yang cukup
  • Meminimalkan getaran dengan memakai bantalan anti vibrasi (anti getaran)
  • Atur jadwal kerja yang sesuai
  • Memakai pelindung mata dari bahaya cahay laser
  • Pakai filter untuk mikroskop

Nah, tersebut beberapa jenis pekerjaan yang bisa menyebabkan penyakit akibat kerja. Mudah-mudahan info di atas dapat berguna dan mudah-mudahan kamu lebih waspada setiap melakukan pekerjaan kamu yang bisa menyebabkan kemungkinan baik fisik atau kesehatan kamu semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s