Perangkat Keselamatan Standar

Perangkat Keselamatan StandarSetiap crew harus memakai pakaian kerja yang telah disediakan oleh perusahaan. Setiap orang yang bekerja di lokasi harus memakai topi pengaman yang sesuai dengan syarat standar ANSI Z 89.1 bila sedang bekerja di lokasi. Keharusan ini tidak berlaku bila crew bekerja dalam gedung seperti ruang kantor, ruang kontrol, bengkel atau gedung sejenis, atau bila ada pengarahan lain. Topi pengaman harus selalu dibersihkan dan secara reguler diinspeksi terhadap retak, kerusakan alat suspensi dan kerusakan lainnya serta tahun berlakunya (expire). Toko sepatu safety di glodok menjual berbagai macam perlengkapan safety.

Beberapa hal yang harus diperhatikan :
1. Topi pengaman dari bahan logam tidak diperkenankan untuk dipakai dalam setiap pekerjaan di lokasi.
2. Setiap crew harus memakai seragam kerja atau kemeja berlengan/bertangan dan celana panjang, dan topi pengaman/pelindung kepala, muka, tangan dan kaki yang benar dalam area dimana mereka terpapar oleh kemungkinan terbakar api, korosif, substansi panas, pipa panas atau peralatan panas.
3. Pekerjaan dan kondisi kerja tertentu memerlukan penggunaan peralatan keselamatan seperti alat Bantu pernafasan, penutup atau
penyumbat telinga, sarung tangan khusus, pelindung mata. Kru yang bekerja dalam kondisi tersebut di atas harus memakai peralatan keselamatan sesuai dengan keperluan kerja khusus tersebut, termasuk penyumbat telinga (busa sekali pakai) dan penutup telinga (ear muffs).
4. Untuk paparan yang terus menerus (lebih lama dari 15 menit) sampai tingkat kebisingan sangat tinggi (100 dbA atau lebih) pemakaian alat pelindung pendengaran ganda (penyumbat dan penutup telinga) sangat dianjurkan.

Crew harus dilindungi dari paparan berlebih dari partikel yang berterbangan, termasuk abu, kabut, asap, uap dan gas . Bila kontrol rekayasa tidak dimungkinkan, maka alat perlindungan pernafasan yang memadai harus disediakan dan dipakai. Ini adalah tugas dari safety officer/supervisor untuk memastikan bahwa semua pekerja yang tersangkut, cukup terampil dalam pemakaian/pemilihan alat yang ada, pemeliharaan dan tahu keterbatasan dari alat pelindung pernafasan, dan cukup tersedianya alat pelindung pernafasan yang tepat.
Setiap pekerja lapangan pemboran minyak dan gas bumi, diharuskan mendapatkan perangkat keselamatan kerja standart, yang terdiri dari 2 set pakaian kerja, helm pengaman, sepatu safety dan kacamata safety, untuk menunjang keselamatan kerja diri pekerja. Perangkat tersebut harus digunakan pada waktu bekerja pada area-area yang telah ditentukan, diantaranya adalah :
1. Lokasi pemboran, seorang pekerja yang berada di lapangan pada lokasi pemboran, diharuskan menggunakan pakaian kerja, helm pengaman dan sepatu safety. Hal ini berdasarkan kondisi lapangan yang panas karena terik matahari, licin, banyak terdapat alat-alat berat yang beresiko dan kemungkinan jatuhnya suatu benda kerja dari rig. Keharusan penggunaan perangkat kerja berdasarkan area kerja di lokasi pemboran, diantaranya adalah sebagai berikut :
 Rig Floor dan area disekitar rig, pekerja harus menggunakan perlengkapan keselamatan kerja standart dan hand glove, jika tingkat kebisingan suara tinggi, harus menggunakan pelindung telinga. Untuk aktivitas pemanjatan digunakan safety belt.
 Electric Room dan Compressor Room, dengan kondisi kebisingan tinggi diharuskan menggunakan pelindung telinga.
 Welding Area, khusus untuk pekerja yang sedang melakukan pengelasan, harus menggunakan pelindung muka dan mata (goggles).
 Mud Mixing dengan kondisi berdebu, pekerja harus menggunakan kacamata safety dan pelindung pernafasan.

 Di dalam ruang-ruang unit (container), pekerja tidak diharuskan menggunakan perlengkapan keselamatan standart, kecuali pada ruang-ruang khusus yang mengharuskan penggunaan.
2. Ware House, di area warehouse, pekerja harus menggunakan perlengkapan keselamatan kerja standart jika bekerja diluar ruangan dan perlengkapan lainnya jika dibutuhkan.
3. Work Shop, untuk pekerjaan yang dilakukan di work shop, biasanya tidak harus menggunakan perlengkapan diantaranya : Helm pengaman, sepatu safety atau kacamata safety.
4. Khusus untuk pekerja yang bekerja di dalam ruangan misalnya ruang kantor, tidak diharuskan menggunakan perlengkapan keselamatan kerja standart, mengingat kondisi area dengan tingkat resiko kecelakaan kerja relatif kecil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s