Jejaring Sosial Pelaku Bisnis UKM

images (2)

Jejaring sosial atau media sosial berpotensi membantu pelaku UKM dalam memasarkan produk dan jasanya (Stelzner, 2012). Karena mampu menjangkau wilayah yang luas dengan hemat biaya. Melalui jejaring sosial, pelaku bisnis UKM dapat melakukan aktivitas pemasarannya seperti memperkenalkan produk, menjalin komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen, dan memperluas jaringan bisnis. Aplikasi jejaring sosial yang banyak dipilih oleh pelaku UKM untuk memasarkan produk usahanya, yaitu Facebook, Email, Blackberry Messenger (BBM), situs jual beli, Twitter, website pribadi, dan situs milik orang lain.

Mereka dapat memulainya dengan memajang foto-foto serta detail mengenai produknya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Cara ini terbilang cukup ampuh dan efektif serta dapat lebih menghemat biaya. Para pelaku usaha kecil dan menengah juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk promosi produknya dengan harus merekrut sales untuk turun langsung ke lapangan memasarkan produk. Teknik pemasaran melalui media sosial juga dianggap lebih tepat sasaran dan selangkah lebih dekat dengan konsumennya, karena pengguna media sosial biasanya lebih responsif seperti dengan mengklik, menyukai atau tidak menyukai produk tersebut. Sehingga respon-respon tersebut dapat lebih cepat ditanggapi oleh pelaku usaha.

Media sosial juga dapat menjadi sarana untuk meriset pasar dan kompetitor. Cara ini sangat efektif karena pelaku usaha dapat lebih cepat mendapatkan informasi mengenai apa yang diinginkan dan dibuthkan konsumen. Selain itu media sosial juga dapat digunakan sebagai tolak ukur kepuasan konsumen terhadap produk tersebut. Sedangkan hubungannya dengan kompetitor adalah dengan media sosial seorang pelaku usaha dapat mengetahui seberapa banyak penyedia produk yang sama dengan produk yang dipasarkannya. Saat ini jasa sosial media marketing sangat membantu untuk informasi.

Pengukuran keunggulan bersaing bagi UKM menggunakan indikator dynamic capabilities, innovation, dan global orientation. Dynamic capabilities meliputi firm management, HRD, dan marketing yang merupakan kapabilitas sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Disamping itu, UKM harus mengedepankan inovasi dan orientasi global mengingat kedua faktor tersebut juga sangat menentukan keberhasilan UKM dalam bersaing di pasar global.

Tidak hanya perusahaan besar saja yang perlu menerapkan teknologi ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga wajib menerapkannya guna meningkatkan daya saing usahanya. Dengan menggunakan solusi bisnis yang ditawarkan Telkomsel, para pelaku UKM tidak perlu mengeluarkan investasi yang besar untuk mengembangkan aplikasi maupun pembelian data server. Telkomsel sudah menyiapkan aplikasi bisnis yang sangat bagus untuk dimanfaatkan oleh UKM. Apalagi dengan adanya solusi cloud computing, UKM tidak perlu investasi besar untuk pengadaan server. Pemanfaatan teknologi informasi akan menciptakan efisiensi, sehingga wirausahawan bisa lebih fokus dalam mengatur penetrasi pasar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s