Tips Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer

Tips Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer

Komputer bukan lah barang langka lagi dizaman saat ini. Baik tua, muda dan anak – anak juga telah mengenal yang namanya komputer. Kemajuan tehnologi komputer selalu berkembang bersamaan dengan berjalannya waktu. Di sekolah – sekolah dasar juga saat ini juga telah dikenalkan dengan tehnologi komputer. Dengan perkembangan teknologi sebaiknya di imbangi dengan alat safety saat di depan komputer.

 

Dalam dunia kerja dan dalam dunia pendidikan, komputer adalah alat yang banyak diterapkan dan sudah merupakan keperluan bagi pekerja kantor ataupun anak didik di sekolah.

 

Dari waktu ke waktu mereka tidak akan lepas dari tehnologi yang namanya komputer.

Walaupun tehnologi komputer adalah alat yang penting untuk menunjang pekerjaan dan pendidikan, tetapi kita juga harus siaga terhadap bahayanya komputer pada kesehatan. Selain sisi positifnya komputer ternyata juga ada sisi negatif bagi kesehatan kita.

 

Oleh karena itu kita butuh mengetahui tips kesahatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer. Mengingat pentingnya kesehatan, tak bisa kita bandingkan dengan kekayaan apa pun di dunia ini, mari kita intip sedikit tips itu.

 

Berikut tips sehat dalam memakai komputer :

  1. Betapapun banyaknya pekerjaan kita yang perlu kita selesaikan menggunakan komputer, lebih baik untuk beristirahat sejenak dan jangan terlalu berlama – lama didepan komputer.

 

Dunia pendidikan dan pekerjaan dikantor kadang-kadang menuntut kita untuk dapat meyelesaikan pekerjaan secepatnya, hingga kadang – kadan kita terlena dengan pekerjaan itu sampai –sampai lupa makan. Dan lebih parah lagi sampai menahan untuk buang air kecil ataupun buang air besar. Mungkin anda pernah mengalami peristiwa seperti ini. Hal semacam ini bisa jadi memperburuk kondisi kesehatan kita.

Selain itu hal yang paling terasa jika kita berlama – lama didepan komputer, pinggang akan terasa sakit begitu juga dengan tengkuk pada leher akan merasa begitu kaku dan dapat menyebabkan sakit kepala. Terlalu lama menatap monitor kesehatan mata akan sangat terganggu, mengingat radiasi yang dipancarkan oleh cahaya dari monitor akan menyebabkan mata pedih bahkan sampai merah. gunakan alat keselamatan kerja yang cocok di depan komputer.

Oleh sebab itu berhentilah sejenak dan beristirahatlah, untuk memulihkan penglihatan, ada baiknya anda memandang gambar berwarna hijau atau pun pohon yang berdaun hijau. Untuk memulihkan kepenatan tubuh anda bisa berbaring dan bersantai sejenak sambil nikmati pemandangan sekitar.

 

  1. Makanlah makanan yang bernutrisi dan jagan lupa sempatkan diri anda untuk berolahraga.

 

Sakit kepala yang ditimbulkan saat anda berlama – lama didepan komputer bisa jadi disebabkan pancaran radiasi oleh monitor dan lelah nya otak karena terlalu diporsir untuk bekerja. Untuk itu anda perlu minum air dengan kadar oksigen yang tinggi untuk membantu menyuplai otak anda dan memakan sayur – sayuran dan makanan yang memiliki kadar protein yang tinggi.

 

Olahraga sangat baik untuk memulihkan keadaan tubuh anda yang sudah dipakai seharian bekerja. Didepan komputer terlalu lama memyebabkan tubuh tersa pegal – pegal dan kaku, nah dengan berolahraga akan membantu sendi – sendi yang terasa kaku. Oleh sebab itu olah raga yang rutin juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s