5 Tips dan Cara Merawat Sepatu Kulit

5 Tips & Cara Merawat Sepatu Kulit
Karena harga nya yang mahal, maka bagi anda yang memiliki sepatu kulit sebaiknya aware untuk melakukan perawatan secara teratur supaya tak cepat rusak. Sepatu dengan bahan kulit memerlukan perhatian ekstra dibanding jenis yang lain. Dapat disebut, cara merawat sepatu kulit gampang-gampang susah. Oleh sebab itu, pastikan anda meluangkan waktu dan tenaga untuk merawatnya.

Tips & Cara Merawat Sepatu Kulit

Ada banyak hal yang harus di perhatikan dalam merawat sepatu kulit agar tetap terjaga dengan baik keadaannya. Apa sajakah itu? Berikut detilnya :

1. Kenali Jenis Kulitnya
Anda harus tahu jenis bahan kulit apa yang dipakai pada sepatu anda. Jika kualitas kulitnya baik, maka proses perawatannya juga makin gampang walau membutuhkan dana yang banyak. Diluar itu, pahami juga sifat kulitnya, apakah elastik atau tidak, apakah kuat pada perubahan cuaca atau tak. Bahkan kalau dapat, kenali tingkat kelembabannya juga.

2. Posisi Penataan/Penyimpanan
Untuk melindungi sepatu kulit anda tetap dalam keadaan baik, cermati juga posisi penataan/penyimpanannya. Walau terlihat sepele, tetapi ini cukup penting. Jika anda meletakkannya diatas rak sepatu, pastikan untuk memberi jarak dengan sepatu yang lain.

Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk menghindari sepatu kulit anda dari terjadinya gesekan yang bisa membuat baret permukaan sepatu. Beberapa orang yang menyesal dan kecewa melihat sepatu kulit kesayangan mereka memiliki scratch hingga cukup mengganggu mata saat digunakan.

3. Silica Gel & Udara Lembab
Jika anda menaruh sepatu kulit didalam sebuah kotak, yakinkan ada silica gel sebagai pendampingnya. Silica gel sangat membantu menghindari lembab dan jamur pada kulit sepatu, dimana faktor keduanya dapat memicu lapuk pada kulit sepatu anda.

4. Membersihkan & Mengeringkan Sepatu
Anda harus tahu dan mempelajari proses mencuci sekaligus mengeringkan sepatu kulit. Gunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkan sepatu. Sikat spesial untuk bahan kulit biasanya mempunyai permukaan yang halus hingga tidak akan membuat scratch sepatu kulit.

Lalu hal yang perlu anda cermati setelah itu yaitu proses pengeringan sepatu. Jauhi menjemur sepatu kulit kesayangan anda diluar rumah atau ruangan terbuka yang terkena papara panasnya cahaya matahari. Hal itu karena panas berlebihan dari cahaya matahari akan membuat kulit sepatu jadi mudah pecah.

Alternatif yang lain yaitu menggunakan dryer, tetapi lapisi terlebih dahulu sepatu memakai koran bekas agar terhindar dari panas berlebih yang dapat merusak kulit sepatu.

5. Menyemir
Supaya sepatu kulit kesayangan selalu terlihat cemerlang, biasakan untuk menyemirnya secara rutin sehingga warnanya tetap cerah dan terlihat seperti baru. Banyak produk semir sepatu yang bagus dan berkwalitas dan dapat dibuktikan bisa menjaga warna dengan baik.

Diluar itu, jangan lupa untuk membeli semir yang warnanya sesuai dengan warna kulit sepatu. jika sepatu yang ingin and semir adalah jenis sepatu safety sebaiknya gunakan semir khusus untuk sepatu safety. Karena beda tipe sepatu beda juga perawatannya.

Anda dapat membeli di tempat jual sepatu safety beserta semirnya. Saat menyemir, pastikan untuk melakukannya dalam gerakan satu arah supaya tetap terlihat alami dan alur sepatu tak berubah.

Sedangkan untuk menghindari terjadinya retak-retak tipis di lapisan kulit sepatu, belilah product yang bisa menolong melapisi kulit dari dampak buruk akibat cuaca seperti panas matahari ataupun hujan.

Langkah menjaga sepatu kulit memang tidaklah terlalu sulit, walau demikian ada banyak pemilik yang kurang aware atau kurang telaten dalam merawat sepatunya. Sistem perawatan ini memang memerlukan kesabaran dan tenaga ekstra. Jadi, saat anda ingin membeli sepatu kulit, pastikan juga anda meluangkan waktu dan tenaga untuk merawatnya.

Sekian ulasan singkat tentang cara menjaga sepatu kulit dengan mudah. Mudah-mudahan artikel ini berguna danmembantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s